Tentang UNPAB

Tahun 1956 Yayasan Prof.  Dr. H. Kadirun Yahya mendirikan Sekolah Tinggi Metafisika berdasarkan Akte Notaris No. 97 tahun 1956 tanggal 27 Nopember 1956 terdaftar di Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 85/B-SWT/P/64  pada  tanggal  13 Juli 1964 untuk Fakultas Hukum dan Filsafat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kerohanian dan Metafisika.

Tahun 1961 Sekolah Tinggi Metafisika berubah menjadi Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) dan tanggal 19 Desember 1961 di tetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB).

Tahun 1977 berdiri Fakultas Pertanian, dan pada tahun 1978 berdiri Fakultas Arsitektur Pertamanan (Lansekap) terdaftar di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 0305/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981 untuk Fakultas Pertanian dan Lansekap.

Pada tahun 1985 berdiri Fakultas Teknik dan Fakultas Tarbiyah, berstatus terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0114/0/1989 tanggal 1 Maret 1989 untuk Fakultas Teknik.

Pada tahun 1998 Fakultas Teknik membuka Program Studi Sistem Komputer untuk jenjang Pendidikan Program Strata 1 dan Program Studi Teknik Komputer untuk jenjang Pendidikan Program Diploma III serta memperoleh status terdaftar di Departemen  Pendidikan Nasional No. 289/DIKTI/Kep/2000 tanggal 23 Agustus 2000.

 

Visi :

Menjadi Perguruan Tinggi Swasta Yang Terkemuka Berbasis Religius Dalam Mengembangkan IPTEK Yang Bermanfaat Bagi Kemaslahatan Umat.

Misi :

  1. Melaksanakan Pengabadian Sesuai Dengan Piagam Panca Budi, Mengabdi Kepada Tuhan YAng Maha Esa, Negara, Nusa, Bangsa dan Dunia
  2. Mengembangkan IPTEK Berdasarkan Al-Quran dan HAdist, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dengan Menggali Sumber -Sumber Ilmu Yang Berfaedah Dalam Bidang IPTEK dan IMTAQ.
  3. Melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan PEngabdian Untuk Bangsa dan Negara Republik Indonesia YAng Mutunya Dapat Bersaing Secara NAsional dan International Dalam Fitrah Pengabdian Terhadap Allah SWT.

Piagam Panca Budi :

Salah satu nilai luhur universitas, telah dinyatakan dalam piagam "panca budi" yang menempatkan manusia sebagai insan pengabdi sebagaimana fitrah manusia diciptakan dan dilahirkan untuk melaksanakan pengabdian dan menjadi khalifah diatas bumi, pengatur dan pembimbing bagi orang banyak dengan nilai-nilai pengabdian sebagai berikut:

  1. Abdi kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Abdi kepada Negara
  3. Abdi kepada Nusa
  4. Abdi kepada Bangsa
  5. Abdi kepada Dunia

Motto Mutiara Hikma :

Insan Universitas Pembangunan Panca Budi dalam mengemban dan melaksanakan tugas sehari-hari mempunyai motto sebagai berikut :

  1. Beribadah seperti Nabi/Rasul Beribadah
  2. Berprinsip seperti Pengabdi
  3. Berabdi sebagai Pejuang
  4. Berjuang seperti Prajurit
  5. Berkarya seperti Pemilik

Tri Dharma Perguruan Tinggi

  1. Pendidikan dan Pengajaran
  2. Penelitian
  3. Pengabdian Masyarakat